564-572 D DAMPAK BRAND RELIABILITY, BRAND INTENTION TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN LOYALITAS MAHASISWA
DAMPAK BRAND RELIABILITY, BRAND INTENTION TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA DAN LOYALITAS MAHASISWA
Keywords:
Brand Trust, Brand Reliability, Brand Intention, Loyalitas MahasiswaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Brand Trust terhadap kepuasan mahasiswa dan loyalitas
mahasiswa di Universitas Pasir Pengaraian. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa aktif Universitas
Pasir Pengaraian yang berjumlah 2815 orang dan untuk menentukan besarnya sampel menggunakan rumus
Slovin dengan jumlah sebanyak 96 orang responden. Analisis data menggunakan kuesioner dengan
pengukuran skala ordinal dan teknik analisis data menggunakan Structural Equation Modelling (SEM). Hasil
dari Bootstrapping menunjukkan bahwa Brand Reliability dan Brand Intention berpengaruh pada kepuasan
mahasiswa. Diperoleh Thitung Brand Reliability 2,577230 dan Brand Intention 7,484353, dapat dilihat bahawa
nilai Thitung Brand Reliabilty dan Brand intention lebih besar dari nilai Ttabel (1,96). Kemudian pada kepuasan
mahasiswa diperoleh nilai Thitung sebesar 4,486078 yang menunjukkan bahwa Thitung > Ttabel. Disimpulkan
bahwa Brand Reliability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa akan tetapi tidak
berpengaruh signifikan terhadap loyalitas mahasiswa. Kemudian Brand intention berpengaruh positif dan
signifikan terhadap kepuasan mahasiswa akan tetapi tidak berpengaruh signifikan terhadap loyalitas
mahasiswa. Selanjutnya kepuasan mahasiswa mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap loyalitas
mahasiswa.