524-533 P PENGARUH METODE DRILL TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI MINI PADA SISWA SD NEGERI 020 RAMBAH HILIR

PENGARUH METODE DRILL TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI MINI PADA SISWA SD NEGERI 020 RAMBAH HILIR

Authors

  • Lolia Manurizal

Keywords:

Drill, Servis, Passing atas, Passing bawah

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti di lapangan terhadap siswa
kelas empat dan kelas lima bahwa masih banyak siswa SD Negeri 020 Rambah Hilir yang
belum memiliki keterampilan bermain bolavoli mini yang begitu baik. Hal ini juga diperkuat
dengan pernyataan guru olahraga yang mengajar di sekolah tersebut. Contohnya saja pada
waktu melakukan servis terlihat bahwa bola yang dipukul tidak sampai melewati net
kemudian sering melenceng ke kiri dan ke kanan sehingga tujuan servis untuk mendapatkan
angka tidak tercapai dengan baik. Bila diperhatikan pada saat melakukan passing seperti
passing bawah, jalan bolanya tidak parabola atau tidak sampai pada suatu tempat yang dituju.
Selanjutnya untuk passing atas banyak kesalahan teknik yang terlihat misalnya saja pada saat
sentuhan dengan bola jari-jarinya terlalu kaku dan bola tertahan. Kadang-kadang bila dilihat
dari sisi peraturan yang melakukan passing atas tersebut ada sentuhan ganda sehingga bola
mati. Masalah tersebut kemungkinan terjadi karena kurang tepatnya metode latihan yang
digunakan maka peneliti tertarik melakukan penelitian mengenai pengaruh “Metode Drill”
terhadap keterampilan bermain bolavoli mini siswa SD Negeri 020 Rambah Hilir.
Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah
siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolavoli mini yang berjumlah sebanyak 64
orang, sedangkan sampel diambil dengan purposive sampling sehingga sampel yaitu
berjumlah 35 orang. Tes yang digunakan adalah tes keterampilan bermain bolavoli mini yang
terdiri dari tes servis, passing bawah dan passing atas. Data dianalisis dengan menggunakan
uji – t. Sebelum diberikan perlakukan terhadap sampel terlebih dahulu diberikan tes awal
yang bertujuan untuk memperoleh data awal tentang keterampilan servis, passing bawah dan
passing atas, proses penelitian dilakukan selama 18 kali pertemuan, dengan rincian satu kali
pertemuan untuk tes awal, dan 16 kali pertemuan untuk perlakuan terhadap sampel dengan
waktu latihan 3 kali seminggu, dan satu kali pertemuan untuk tes akhir. Hasil analisis data
ditemukan bahwa: (1) metode drill memberikan pengaruh yang signifikan terhadap
keterampilan bermain bolavoli mini siswa (thitung = 19,23 > ttabel = 2,13). Nilai rata-rata tes
awal metode drill diperoleh 50,00 dan tes akhir 78,92. Artinya terdapat peningkatan sebesar
28,92

Published

2018-07-31