511-517 P PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 RAMBAH

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA NEGERI 1 RAMBAH

Authors

  • Ika Daruwati , Sohibun , Satriadi

Keywords:

Pengaruh, CTL, Hasil Belajar.

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah ada pengaruh model pembelajaran CTL
terhadap hasil belajar fisika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen, dengan
populasinya semua siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Rambah. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan adalah teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen dan
kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diterapkan model pembelajaran CTL dan untuk kelas kontrol
diterapkan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal objektif, yang
terlebih dahulu dianalisis validitas dan reliabilitas. Sedangkan hipotesis yang diajukan adalah ada
pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar. Pengujian hipotesis tersebut
menggunakan uji t..Sebelum melakukan uji hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu
uji normalitas menggunakan uji liliefors dan uji homogenitas menggunakan uji F, hasilnya data
kelas sampel terdistribusi normal dan mempunyai varians yang homogen. Selanjutnya dilakukan uji
hipotesis, hasil perhitungannya diperoleh t = 2,92 dan ttabel = 2,021 Hal ini menunjukkan bahwa t
> ttabel ( = 0,05). Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil
belajar fisika di SMA Negeri 1 Rambah

Published

2018-07-31