450-454 P PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH RAMBAH
PROFIL KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK SMP MUHAMMADIYAH RAMBAH
Keywords:
Kemampuan representasi matematis.Abstract
Pembelajaran matematika memiliki objek yang bersifat abstrak. Untuk memahami ide-ide matematika yang
bersifat abstrak maka peserta didik memerlukan kemampuan untuk merepresentasi ide tersebut agar lebih
konkret dan mudah dipahami. Peserta didik memiliki kemampuan yang berbeda-beda dalam
merepresentasikan suatu masalah matematis. Perbedaan kemampuan tersebut berdampak pada perbedaan
kemampuan peserta didik dalam merepresentasikan suatu masalah matematis untuk memahami suatu konsep
matematika dengan mudah. Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan yang menjadi
dasar bagi peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Suatu masalah atau situasi dapat
direpresentasikan dengan obyek, gambar, kata-kata, atau simbol matematika. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif, yang bertujuan untuk mendeskripsikan profil kemampuan representasi matematis
peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan matematis. Populasi penelitian ini adalah peserta didik
SMP Muhammadiyah Rambah tahun pelajaran 2017/2018. Pengumpulan data dilakukan melalui pemberian
tes kemampuan representasi matematis berupa soal uraian yang sesuai dengan indikator kemampuan
representasi matematis. Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata skor kemampuan
representasi matematis siswa adalah 10,31 dari skor maksimal ideal adalah 28. Hal ini menunjukkan
kemampuan representasi siswa masih tergolong rendah atau daya serap siswa hanya 36,82%. Selain itu ratarata skor untuk masing-masing indikator representasi matematis yang diukur yaitu kemampuan siswa
membuat gambar untuk memperjelas masalah dan memfasilitasi penyelesaiannya adalah 1,86, Kemampuan
siswa menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematik adalah 1,50 dan kemampuan siswa
menuliskan interpretasi dari suatu representasi adalah 1,04.