107-112 P NILAI-NILAI HYDROTERAPI WUDHU SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN DINAMIS DISPLIN ILMU KESEHATAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

NILAI-NILAI HYDROTERAPI WUDHU SEBAGAI STRATEGI PEMBELAJARAN DINAMIS DISPLIN ILMU KESEHATAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Dian Cita Sari

Keywords:

Wudhu, Pendidikan tinggi, Revolusi Industri

Abstract

Pendidikan tinggi adalah sumber energi strategis bagi perbaikan taraf hidup masyarakat. Dalam UU
No. 12 tahun 2012 dijelaskan tentang tujuan pendidikan tinggi, dihasilkannya lulusan yang
menguasai cabang ilmu pengetahuan dan/atau Teknologi untuk memenuhi kepentingan nasional
dan peningkatan daya saing bangsa, serta tentang fungsi pendidikan tinggi diantaranya adalah
mengembangkan civitas akademika yang inovatif, responsif, kreatif, terampil, berdaya saing dan
kooperatif melalui pelaksanaan Tridharma. Akumulasi tujuan pendidikan tinggi ini membentuk
pribadi yang mempunyai integritas, displin dan terampil. Hal ini adalah bagian dari pilar nilai-nilai
hydroterapi wudhu. Penelitian ini fokus pada displin ilmu kesehatan dengan penyusunan strategi
untuk mendapatkan pembelajaran dinamis menghadapi revolusi industri. Tahapan dalam
mengupayakan strategi identifikasi peran pentahelix melalui tahapan 3C: Connect-CollaborateCelebrate oleh seluruh pemangku kepentingan. Strategi ini melibatkan unsur Pentahelix pendidikan,
yaitu ABCGM: Akademisi, Sektor Bisnis, Komunitas, Pemerintah, dan Media. Tehnik analisis dalam
penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik ini diarahkan untuk wilayah penggunaan dengan
pendekatan fenomenologi.

Downloads

Published

2021-02-17