350-355 M MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PERTEMUAN KELAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PEKANBARU

MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR BAHASA INDONESIA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PERTEMUAN KELAS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 3 PEKANBARU

Authors

  • Rinja Efendi

Keywords:

Aktivitas, Pertemuan Kelas, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia.
Sedangkan tujuan penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran bahasa
Indonesia dengan menggunakan model pertemuan kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan dalam dua
siklus, siklus I dan siklus II dilakukan dalam 1 pertemuan. Teknik analisis data untuk aktivitas guru dan
aktivitas siswa diperoleh dari pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung dengan melihat
kesesuaian antara perencanaan dan pelaksanaan tindakan. Hasil penelitian peningkatan aktivitas belajar
siswa kelas V pada mata pelajaran bahasa Indonesia sebelum tindakan masih tergolong “kurang” karena skor
59 berada pada rentang 45–64 atau dengan rata-rata 58,9%. Pada siklus I aktivitas belajar siswa tergolong
“cukup” karena skor 66 berada pada rentang 65–74 atau dengan rata-rata 66,1%. Sedangkan pada siklus II
aktivitas belajar siswa meningkat dengan “baik sekali” dengan skor 89 berada pada rentang 85–100 atau
dengan rata-rata 88,7%. Artinya keberhasilan siswa telah mencapai indikator keberhasilan yang telah
ditetapkan di atas interval 75%–84%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan melalui model
pembelajaran pertemuan kelas dapat meningkatkan aktivitas belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD
Negeri 3 Pekanbaru

Published

2018-07-31