333-337 P PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING Dan PERPADUAN MIND MAPPING Pada MATERI PECAHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING Dan PERPADUAN MIND MAPPING Pada MATERI PECAHAN KELAS IV SEKOLAH DASAR
Keywords:
Problem Based Learning, Mind Mapping dan Lembar Kerja SiswaAbstract
Bahan ajar sangat bermakna dan memiliki manfaat yang banyak bagi siswa terutama siswa SD.
Guru haruslah mengembangkan bahan ajar yang dibuat sendiri. Lembar Kerja Siswa merupakan Salah satu
bahan ajar yang bisa dikembangkan guru dengan sangat mudah dan menarik. Salah satu model pembelajaran
yang sesuai dipadukan dengan LKS adalah Problem Based Learning dan dipadukan dengan Mind Mapping.
Berdasarkan uraian di atas penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan
menggunakan Problem Based Learning dan perpaduan Mind Mapping pada materi pecahan pada kelas IV
Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan IDI. Validitas Lembar Kerja Siswa
dengan menggunakan Problem Based Learning (PBL) dan pendekatan mind mapping untuk materi pecahan
di kelas IV SDN telah dinilai oleh para validator dari berbagai bidang kajiannya, yaitu dari aspek materi,
aspek penyajian dan aspek bahasa dan keterbacaan dengan validitas sangat valid