308-311 P PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW (SQ3R) UNTUK KELAS VIII SMP
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS SURVEY, QUESTION, READ, RECITE AND REVIEW (SQ3R) UNTUK KELAS VIII SMP
Keywords:
LKS, SQ3RAbstract
Penggunaan Lembar Kerja Siswa (LKS) dalam pembelajaran matematika, dapat melatih siswa untuk
aktif membangun pemahamannya dengan memberdayakan pengetahuan awal yang telah dimiliki
sebelumnya, serta dapat meningkatkan daya ingat siswa secara mandiri berdasarkan pemahaman terhadap
suatu bacaan. Untuk itu perlu dikembangkan LKS berbasis Survey, Question, Read, Recite, and Review
(SQ3R) memungkinan siswa untuk belajar secara sistematis, efektif, dan efisien untuk belajar karena siswa
dapat berulang-ulang mempelajari materi ajar dari tahap meneliti bacaan atau materi ajar (Survey), bertanya
(Question), membaca atau mempelajari (Read), menceritakan atau menuliskan kembali (Reciite), dan
meninjau ulang (Review).
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKS berbasis Survey, Question, Read,
Recite, and Review (SQ3R) untuk siswa SMP kelas VIII pada materi Bangun Ruang Sisi Datar. Model
pengembangan menggunakan model McKenny yang terdiri dari tiga tahap yaitu define, prototyping, dan
assessment. Berdasarkan analisis hasil validasi LKS menunjukkan bahwa LKS berbasis SQ3R dikategorikan
valid.