241-243 M METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYANYIKAN LAGU WAJIB NASIONAL KELAS IV SD NEGERI 004 RAMBAH SAMO

METODE EVERYONE IS A TEACHER HERE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENYANYIKAN LAGU WAJIB NASIONAL KELAS IV SD NEGERI 004 RAMBAH SAMO

Authors

  • Lia Wardani
  • Delita Gustriani

Keywords:

Lagu Wajib Nasional, Keterampilan Menyanyi, Metode Pembelajaran

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk memaparkan penerapan metode everyone is a teacher here dalam
meningkatkan keterampilan menyanyikan lagu wajib nasional pada siswa SD Negeri 004 Rambah samo
Kabupaten Rokan Hulu. Penelitian yang digunakan merupakan penelitian tindakan kelas sebanyak dua siklus
yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksaan, pengamatan dan refleksi. Metode pembelajaran
yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode everyone is a teacher here. Teknik yang digunakan
dalam mengumpulkan data diantaranya tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan
mencakup data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini
apabila penguasaan keterampilan peserta didik meningkat dari tujuan yang seharusnya dicapai. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode everyone is a teacher here dapat meningkatkan
keterampilan menyanyikan lagu wajib nasional siswa kelas IV SD Negeri 004 Rambah Samo kabupaten
Rokan Hulu. Pada siklus I ke siklus II keterampilan menyanyikan lagu wajib nasional siswa mengalami
peningkatan dari 66,6% menjadi 73,3%.

Published

2018-07-31