229-234 P Pengaruh Teknik Brainstorming Menggunakan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis dengan Memperhatikan Gaya Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 1 Lubuk Basung

Pengaruh Teknik Brainstorming Menggunakan LKPD Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis dengan Memperhatikan Gaya Belajar Siswa Kelas XI MIA SMAN 1 Lubuk Basung

Authors

  • Khunia Budi Utami
  • Dina Novarina Perdana

Keywords:

Teknik brainstorming, Kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis, gaya belajar

Abstract

Penelitian ini berawal dari masalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi
matematis siswa kelas XI MIA SMAN 1 Lubuk Basung. Hal ini terlihat dari hasil observasi yang dilakukan
ke sekolah dan analisis terhadap hasil tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis yang
diberikan pada siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut, digunakan teknik pembelajaran brainstorming.
Tujuan penelitian untuk melihat kemampuan matematis siswa keas XI MIA berdasarkan gaya belajar yang
mereka miliki.
Jenis Penelitian ini adalah Quasi Experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1,
MIA 2 dan MIA 3 SMAN 1 Lubuk Basung. Teknik yang digunakan untuk pengambilan sampel adalah
Ramdom Sampling. Sampel pada penelitian ini adalah siswa XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa
kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah angket gaya belajar untuk melihat
gaya belajar siswa dan tes akhir untuk melihat kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis
siswa.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh beberapa kesimpulan. Pertama, kemampuan pemecahan
masalah dan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan teknik brainstorming lebih baik daripada siswa
yang diajar dengan pembelajaran konvensional. Kedua, kemampuan pemecahan masalah siswa bergaya
belajar visual dan kinestetik yang diajar dengan teknik brainstorming lebih baik daripada siswa yang diajar
dengan pembelajaran konvensional, namun tidak ada perbedaan pada kemampuan pemecahan masalah
siswa bergaya belajar auditori yang diajar dengan teknik brainstorming dan yang diajar dengan pembelajaran
konvensional. Ketiga, kemampuan komunikasi matematis siswa bergaya belajar visual dan kinestetik yang
diajar dengan teknik brainstorming lebih baik daripada siswa yang diajar dengan pembelajaran
konvensional, namun tidak ada perbedaan pada kemampuan komunikasi matematis siswa bergaya belajar
auditori yang diajar dengan teknik brainstorming dan yang diajar dengan pembelajaran konvensional.

Downloads

Published

2018-07-31