152-160 K Kepuasan Pasien Rawat Inap di Daerah Perbatasan Indonesia (Survey pada Rumah Sakit Umum Daerah di Propinsi Kepulauan Riau)
Kepuasan Pasien Rawat Inap di Daerah Perbatasan Indonesia (Survey pada Rumah Sakit Umum Daerah di Propinsi Kepulauan Riau)
Keywords:
Kepuasan Pasien, Kinerja Medis, Pelayanan.Abstract
Pemasaran jasa kesehatan saat ini menjadi perhatian khususnya jasa kesehatan yang disediakan pemerintah
di daerah perbatasan. Para pasien lebih memilih berobat ke rumah sakit di luar negeri yang ada kesan lebih
mahal dibandingkan dengan rumah sakit dalam negeri yang sudah sebagian dibiayai Negara. Hal ini erat
kaitannya dengan kepuasan pasien itu sendiri dalam mendapatkan pelayanan baik dari tenaga medisnya
maupun dari fasilitas rumah sakitnya. Menggunakan teori kepuasan pelanggan dan dalam penelitian ini
metode survey digunakan dengan sampel sebanyak 300 pasien dari 1.194 orang di rumsah sakit umum
daerah di Propinsi Kepulauan Riau yang diambil secara stratified random sampling. Data dikumpulkan
dengan menggunakan kuesioner dan dianalisis dengan menggunakan analisis Structural Equation Modelling
(SEM) dengan menggunakan program aplikasi statistik Lisrel 8.7. Berdasarkan hasil penelitian terbukti
bahwa kepuasan pasien yang belum optimal ini dipengaruhi oleh kinerja medis dan pelayanan rumah sakit
itu sendiri.