P PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 2 RAMBAH HILIR
PROFIL KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII SMPN 2 RAMBAH HILIR
Keywords:
Kemampuan Komunikasi Matematis, Profil siswa, Kemampuan MatematisAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII
SMPN 2 Rambah Hilir. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif menggunakan pendekatan
kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 2 Rambah Hilir dengan kelas VIIA
sebagai sampel. Kelas sampel ditentukan menggunakan teknik purposive, atas pertimbangan administrasi
sekolah. Pengambilan data menggunakan teknik tes. Indikator kemampuan komunikasi yang digunakan
adalah 1) menyatakan gambar ke dalam ide-ide matematika; 2) menyatakan suatu situasi atau masalah
matematik atau kehidupan sehari-hari ke dalam bentuk gambar, diagram, bahasa, simbol atau model
matematika; 3) menjelaskan ide, situasi, dan relasi matematika secara tulisan Hasil penelitian menunjukkan
bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VII SMPN 2 Rambah Hilir masih belum baik.
Kemampuan siswa dalam membuat gambar dari suatu masalah matematis menjadi yang terlemah dari ketiga
indikator tersebut.